Welcome Myspace Comments

music for fun

Senin, 14 Maret 2011

Wah... Petani Go Online Jual Hasil Panen Rachmatunisa

 Dikutip dari detik.com
Jakarta - Selama bertahun-tahun, petani asal China -- Wang Yulan dan suaminya -- harus menempuh jarak sangat jauh menuju pasar tradisional terdekat. Di sana, mereka menjual brokoli, merica, tomat dan terong hasil panen mereka.

Namun sejak dua tahun lalu, mereka tak perlu lagi susah payah mengendarai kereta roda tiga berisi sayur mayur ke pasar. Cukup diam di rumah, mereka sudah bisa menjual hasil panen secara online.

"Pasar yang luas terbuka seketika saat Anda online," kata Wang seperti dikutip detikINET dari AFP, Senin (14/3/2011).

Memanfaatkan sebuah situs penjualan hasil pertanian, Wang dan suaminya dengan mudah bergabung dengan sejumlah besar petani China lainnya menawarkan dagangan mereka. Melalui situs tersebut, mereka pun bisa merangkul konsumen di seluruh China dan meningkatkan pendapatan.

"Internet membuat kami sangat nyaman. Pembeli tinggal memesan apa yang mereka butuhkan, kami menyiapkannya dan langsung mengirimnya ke mereka," tutur Wang.

Pemerintah China memang gencar mengupayakan agar para petani bisa memanfaatkan internet untuk kegiatan mereka. Pada 2006, operator milik pemerintah, China Mobile telah meluncurkan Nongxintong atau layanan informasi untuk para petani.

Layanan ini, menyediakan daftar harga sayur mayur di pasar yang terus diupdate, prakiraan cuaca, dan kebijakan pemerintah melalui SMS, telepon dan web. Layanan ini juga yang memungkinkan para petani mengiklankan produk mereka secara online.

"Cara ini sangat murah dan mudah. Saya hanya perlu mengirim pesan ke situs China Mobile di Anhui dan pesan tersebut akan terposting di bagian 'supply and demand' di situs tersebut. Orang yang membutuhkan akan melihat pesan tersebut dan langsung mengontak saya," kata Yang, petani bunga.

Sementara itu, Project Manager Nongxintong, Liu Jing menyebutkan layanan ini hanya membebani biaya sebesar dua yuan saja setiap bulannya. Saat ini, lebih dari tiga juta petani telah bergabung menggunakan layanan tersebut.

"Kami ingin layanan ini terjangkau dan bermanfaat bagi para petani," kata Liu.

Tak berhenti sampai di sini, bulan lalu, Kementerian Perdagangan China menandatangani kesepakatan dengan Agricultural Bank of China dan China Mobile untuk bekerja sama menyediakan beragam informasi dan layanan yang bisa mendukung infrastruktur perdagangan di daerah pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar